Selamat datang di Perpustakaan IAIN Salatiga
HUBUNGAN ANTARA PRESTASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN TINGKAT KETAATAN MENJALANKAN SHALAT LIMA WAKTU PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KAPONAN PAKIS MAGELANG TAHUN 2012
Tahun 2012
Penulis CHOTIJAH
Pembimbing MUH. IRFAN HELMY, Lc. MA.
Subyek PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Download File fulltext : []
abstraksi : []
Abstrak
Kata Kunci : Mata pelajaran pendidikan agama Islam, tingkat ketaatan menjalankan ibadah shalat lima waktu. Penelitian ini merupakan upaya menjawab pertanyaan (1) bagaimana mata pelajaran pendidikan agama Islam anak Sekolah Dasar Negeri Kaponan Pakis Magelang tahun 2012. (2) Bagaimana Tingak ketaatan menjalankan shalat lima waktu siswa Sekolah Dasar Negeri Kaponan Pakis Magelang tahun 2012. (3) Apakah terdapat hubungan antara mata pelajaran pendidikan agama islam dengan tingkat ketaatan menjalankan shalat lima waktu siswa Sekolah Dasar Negeri Kaponan Pakis Magelang tahun 2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 169 orang dan sampel yang digunakan adalah 30 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa Sekolah Dasar Negeri Kaponan Pakis Magelang tahun 2012 yang berada dalam kategori tinggi mencapai 69,52% dan kategori sedang 30,48, (2) Sedangkan tingkat ketaatan menjalankan shalat siswa Sekolah Dasar Negeri Kaponan Pakis Magelang tahun 2012, ada 96,43 % dan kategori sedang 3,57%, (3) ada pengaruh positif keteladanan orang tua terhadap motivasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri Banyurojo 3 Mertoyudan Magelang tahun 2012 dibuktikan dengan r hitung hitung (0,540) lebih besar dari pada r tabel pada taraf signifikansi 1% (0,278), sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima