Selamat datang di Perpustakaan IAIN Salatiga
IMPLEMENTASI METODE GUIDE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS ARAB PADA SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH CANDISARI WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2009 / 2010
Tahun 2010
Penulis AGUS MANGSUR
Pembimbing SUWARDI, M.Pd.
Subyek PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Download File fulltext : []
abstraksi : []
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : Meningkatkan Keterampilan menulis Arab siswa melalui implementasi metode Guide Learning pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas II MI Nurul Huda Candisari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang tahun 2009/2010. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research/CAR), yang meliputi proses perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas II MI Candisari tahun pelajaran 2009/2010 semester genap yang berjumlah 26 siswa. Keberhasilan pembelajaran ini dapat ditunjukkan dengan keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Keberhasilan proses meliputi peningkatan sikap dan keterampilan siswa yang diperoleh melalui lembar observasi. Keberhasilan produk berupa peningkatan prestasi, yaitu kemampuan siswa dalam mengerjakan soal pretest dan postest. Data penelitian ini diperoleh dari nilai pretest, postest, dan aktivitas siswa yang kemudian dianalisis dengan analisis kuantitatif dan ditarik kesimpulan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) penerapan metode Guide Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits pokok bahasan bentuk huruf hijaiyah. Hal ini dapat dilihat dari hasil aktivitas siswa di mana rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus 1 sebesar 68,36 %, rata-rata persentase aktivitas siswa siklus II yaitu sebesar 85,89% . peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus II yaitu sebesar 17,53 %. 2) Penerapan metode Guide Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata pretest ke postest siklus I yaitu 3,73 meningkat menjadi 5,96. Nilai rata-rata dari pretest ke postest siklus II yaitu 6,61 meningkat menjadi 7,38. Ketuntasan belajar siswa dari pretest ke postest pada siklus I juga meningkat dari 3,84 % menjadi 46,15 %, pada siklus II juga meningkat dari 61,53 % menjadi 88,46 %. Penerapan metode Guide Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa, hal ini terlihat dari kerapian tulisan siswa pada setiap siklusnya.