Selamat datang di Perpustakaan IAIN Salatiga
PENGARUH PELAKSANAAN REMEDIAL TEACHING TERHADAP KESULITAN BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA SISWA MTs MIFTAHUL FALAH BETAHWALANG BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Tahun 2010
Penulis NUR AZIZIAH
Pembimbing Dra. SITI ASDIQOH, M.Si.
Subyek PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Download File fulltext : []
abstraksi : []
Abstrak
Penelitian ini merupakan upaya membantu siswa memecahkan kesulitan belajar yang dialami dalam pembelajaran reguler di kelas agar mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan pembelajaran yang biasa dilaksanakan. pertanyaan pertama yang ingin di jawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pelaksanaan remedial teaching di MTs Mitakhul Falah, Betah Walang Bonang, Demak? dan (2) Bagaimanakah tingkat kesulitan belajar Aqidah Akhlak pada siswa MTs Miftakhul Falah, Betah Walang Bonang Demak? (3) Adakah pengaruh pelaksanaan remedial teaching terhadap kesulitan belajar aqidah akhlak pada siswa MTs Miftahul Falah, Betah Walang Bonang Demak? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rumus product moment. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (a) pembelajaran remedial dilaksanakan setelah diketahui jenis kesulitan belajar siswa (b) sebagai mata pelajaran yang mengajarkan dan membimbing siswa untuk dapat mengetahui, memahami, dan meyakini Aqidah Islam. Beberapa dari siswa sulit untuk dapat membentuk dan mengamalkan tingkah laku yang baik sesuai dengan ajaran islam, siswa tidak dapat menghafalkan dalil-dalil aqidah (c) setelah dilaksanakan pembelajaran remedial ternyata ada pengaruh yang signifikan terhadap kesulitan belajar. Berdasarkan uji coba dengan menggunakan dengan rumus product momemt ditemukan bahwa remedial teaching mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kesulitan belajar Aqidah Akhlak, ini di buktikan dengan besarnya r hitung sebesar 0,763 dari pada r tabel baik pada taraf 1% (0,361%) mengacu pada temuan tersebut, maka penelitian ini menyarankan bagi kalangan para pendidik untuk lebih serius memperhatikan masalah kesulitan belajar peserta didik karena kesulitan belajar yang dialami peserta didik sekolah akan membawa dampak negatif baik terhadap diri siswa itu sendiri maupun terhadap lingkungannya.