Selamat datang di Perpustakaan IAIN Salatiga
Penulis :
SRI AMPERAWATI
  Tahun :
2015
Pembimbing : Dr. Saadi, M.Ag.   Subyek :
Latar Belakang penelitian ini adalah Kepala madrasah dan guru merupakan salah satu penyumbang keberhasilan meningkatkan mutu madrasah. Rendahnya mutu madrasah memberi akibat langsung pada rendahnya mutu sumber daya manusia. Mutu madrasah dapat dicapai apabila guru dan kepala madrasah memberikan perhatian secara memadai dalam menjalankan tugasnya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efektifitas kepala madrasah dan kinerja guru terhadap mutu ...
Penulis :
LULUK ARYANI ISUSILANINGTYAS
  Tahun :
2015
Pembimbing : Dr. Anton Bawono, SE, M.Si.   Subyek :
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam melalui manajemen pembiayaan pada MI Negeri Ambarawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan latar alamiah sebagai sumber datanya. Untuk mengumpulkan data disesuaikan dengan fokus dan pertanyaan serta tujaan penelitian, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam dan kajian dokumen. Untuk mengungkapkan makna perilaku para informan p ...
Penulis :
IMAMUL HUDA
  Tahun :
2015
Pembimbing : Dr. Zakiyuddin Baidhaway, M.Ag.   Subyek :
Pendidikan ibarat musafir yang sedang berada pada persimpangan jalan. Jalan mana yang akan ditempuh untuk mencapai tujuan adalah pilihan. Secara umum terdapat dua ideologi yang berkembang dalam dunia pendidikan, yaitu konservatif dan liberal. Pondok pesantren identik dengan tradisi dan ritual seperti membaca kitab klasik, membaca wirid, al-barzanji, mujahadah, istighotsah, tartil maupun tahfidh al quran. Itu semua tidak bisa lepas dari tujuan, visi dan misi mayoritas pesantren ...
Penulis :
FATHONAH
  Tahun :
2015
Pembimbing : Prof. D. H. Budihardjo, M.Ag. dan Dr. Adang Kusway   Subyek :
Islamic based-education is one of the ways of improving human‟s morality to perform religious obligations as a servant of The Creator. In Islamic teachings, a human has to perform several commands, one of them is having prayer in a daily basis (Salat). This routine is the concrete form of worshipping God. This is a qualitative research which applies descriptive approach examining the application of scientific approach using pictures and demonstration method and its role to learning ...
Penulis :
Zakiyah Wulansari,S.Ag
  Tahun :
2015
Pembimbing : Dr.H.Rahmat Hariyadi,M.Pd.   Subyek :
IMPLEMENTASI PENDEKATAN ILMIAH DAN PENILAIAN OTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KURIKULUM 2013 (Studi Kasus di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Tengaran Kab. Semarang dan SMK Negeri 1 Tengaran Kab. Semarang) Kurikulum merupakan komponen pendidikan yang dijadikan acuan oleh lembaga pendidikan. Penyempurnaan kurikulum yang berkelanjutan merupakan keharusan agar sistem pendidikan nasional selalu relevan dan kompetitif. Pada saat ini kurikulum yang digunaka ...
Penulis :
Salim
  Tahun :
2015
Pembimbing : Dr. Faqih Nabhan, MM   Subyek :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi konsep standar proses pendidikan agama Islam oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SDN kecamatan Sumowono. Fokus pada penelitian ini adalah menjawab pertanyaan tentang: (1) Bagaimana Guru Agama Islam menyiapkan dokumen perencanaan pembelajaran berupa silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP), (2) Bagaimana Guru Agama Islam dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan agama Islam, (3) Bagaimana kendala imp ...
Penulis :
HIJRI ADI RIDWAN
  Tahun :
2015
Pembimbing : -   Subyek :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi keislaman mahasiswa IAIN Salatiga pada tahun 2012 melalui ujian Komdais dan mengetahui perkembangan kompetensi keislamannya setelah mahasiswa mengikuti empat mata kuliah keislaman (mata kuliah yang mengandung materi-materi Komdais). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, karena menggambarkan keadaan yang sesungguhnya kompetensi keislaman pada mahasiswa IAIN Salatiga yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan ...
Penulis :
Bustanul Arifin
  Tahun :
2015
Pembimbing : Dr.H.Rahmat Hariyadi,M.Pd.   Subyek :
This thesis aims to determine the implementation of school-based management in improving the quality of learning in Mage lang District Elementary School , represented by MI Muhammadiyah Paremono and MIN Sumberrejo. This research is a qualitative phenomenological approach. Source of data obtained by the pri mary and secondary data sources. The collection of data through observation, interviews and documentation. Data analysis technics by reducing the data, presentation of data and ...
Penulis :
FAJRUL AROFAH
  Tahun :
2015
Pembimbing : Dr. Saadi, M.Ag.   Subyek :
Latar Belakang penelitian ini adalah pendidikan dari masa ke masa terus melakukan inovasi sehingga mengalami kemajuan yang cukup pesat. Namun proses perubahan yang tidak seimbang antara perkembangan dengan kematangan kepribadian yang dialami anak didik pada gilirannya hanya membentuk anak didik sebagai sosok spesialis materi tertentu yang kurang memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar yang cukup rentan. Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan mem ...
Penulis :
MUH NASEKUN
  Tahun :
2015
Pembimbing : Dr.H. Saadi, M.Ag. dan Dr. Budiyono Saputro, M.Pd.   Subyek :
Latar belakang penelitian ini adalah adanya kontradiksi antara tujuan pengajaran sejarah dengan materi pembelajaran sejarah. Agama dijadikan tujuan, tapi sumber-sumber yang berasal dari agama seperti wahyu tidak dipercayai sebagai azas pengetahuan. Pelajaran sejarah terlanjur diapersepsi secara sekular, sehingga harus ada upaya untuk meluruskan kontradiksi tersebut dengan pengintegrasian nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPS Sejarah apalagi di madrasah yang nyata-nyata merupakan le ...