Sejarah Perpustakaan IAIN Salatiga

Sejarah Perpustakaan IAIN Salatiga

Pada tahun 1982 Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo menempati kampus di Jalan Caranggito (sekarang Jl. Tentara Pelajar No. 02). Untuk melaksanakan jasa layanan kepustakaan, perpustakaan memanfaatkan ruang kuliah (A-4) berukuran  8 X 10 Mdengan sistem layanan tertutup (closed access). Berbagai upaya pengembangan terus dilakukan baik dari segi sarana  maupun prasarana antara lain melalui pengadaan gedung, dan penambahan  buku baik melalui sumber personal yaitu dari mahasiswa dan dari lembaga yaitu dari kantor Departemen Agama (DEPAG) Pusat.

Perkembangan semakin signifikan ketika Departemen Agama Pusat memberikan dana melalui Daftar  Isian Proyek (DIP) dan Daftar Isian Kegiatan  (DIK) yang memungkinkan pihak lembaga membuat kebijakan sendiri dengan sistem prioritas program anggaran sesuai dengan kebutuhan.

Melalui berbagai pertimbangan pengembangan perpustakaan di bidang prasarana dipandang perlu untuk membangun sebuah gedung yang representatif, meskipun akhirnya pemanfaatan gedung tersebut beralih fungsi menjadi gedung sekretariat Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo di Salatiga hingga tahun 2001.

Tahun 2001 sekretariat STAIN Salatiga menempati gedung baru berlantai tiga.  UPT Perpustakaan STAIN Salatiga baru menempati gedung perpustakaan lama yang telah mengalami alih fungsi menjadi gedung sekretariat setelah melakukan perpindahan tempat beberapa kali. Pada tahun 2005, UPT Perpustakaan menempati gedung perpustakaan baru yang representatif dengan luas 2130 m2 dan di bagi menjadi tiga lantai.

Di Tahun 2005 inilah dimulainya layanan berbasis otomasi, sistem otomasi menggunakan sistem jaringan informasi perpustakaan (SIPRUS) dan penambahan koleksi perpustakaan di berbagai bidang keilmuan. Sistem Otomasi tersebut meliputi layanan OPAC (Online Public Access Catalogue) untuk pencarian buku secara online, dan Absensi mandiri. Ditahun 2010 perpustakaan mengembangkan system perpustakaan berbasis website yang sampai saat ini terus dikembangkan : www.perpus.iainsalatiga.ac.id ditahun 2013 perpustakaan menambah koleksinya dalam bentuk e-resources yang bekerjasama dengan e-resources yang dilayanan oleh Perpustakaan Nasional RI, ditahun 2015-2017 perpustakaan mengembangkan layanan e-resourcesnya dengan layanan OJS (Online Journal System) http://e-journal.iainsalatiga.ac.id/ , http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/ yang berisi e-skripsi, e-Thesis dan e-Disertasi mahasiswa dan Dosen IAN Salatiga, http://search.ebscohost.com/ berlangganan e-book dan e-article dari EBSCO, http://www.emeraldinsight.com/ berlangganan e-book dan e-article dari Emerald, http://perpus.iainsalatiga.ac.id/resultDocDig.php?rd=2&keyword=&by2=0&by=0 Library Garden , http://e-resources.perpusnas.go.id/ bekerjasama dengan perpusnas RI untuk mengakses seluruh e-resources yang dilanggan perpusnas dengan cara menjadi anggota secara online, yang terkini adalah http://find.galegroup.com/menu/commonmenu.do?userGroupName=kemenag33&prodId=MENU&finalAuth=true koleksi e-book, e-article dll yang difasilitasi oleh Kementerian Agama RI.

Pengembangan juga dilakukan diberbagai bidang yang meliputi bidang sarana dan prasarana yang mendukung kinerja seluruh pegawai UPT Perpustakaan IAIN Salatiga yaitu dengan memperbaiki dan mengembangkan system perpustakaan dan meningkatkan sumberdaya manusia (human resources) melalui kegiatan pelatihan-pelatihan kepustakaan, studi lanjut serta perekrutan tenaga yang berbasis ilmu perpustakaan.

Sehubungan dengan itu,dalam rangka melakukan evaluasi diri dan untuk mengukur kinerja serta dalam usaha mempertanggungjawabkan kinerja perpustakaan sepanjang tahun 2017  kepada  para pengunjung, maka dokumen laporan tahunan 2017 perlu dibuat  format dan organisasi isi serta mekanisme penyusunan laporan tahun 2017 sama dengan penyusunan laporan tahunan 2017 yang sudah dibakukan. Seluruh bidang dan sekretariat dilibatkan secara langsung dalam penyusunan laporan.

Pada tahun 2018 Perpustakaan IAIN Salatiga mendapatkan anugerah Terakreditasi A.  Pencapaian ini menjadikan perpustakaan IAIN Salatiga harus terus meningkatkan layanannya.  Berbagai progress layanan tahun 20182021 bisa dilihat di website perpustakaan IAIN Salatiga http://perpus.iainsalatiga.ac.id/, Instagram Perpustakaan IAIN Salatiga https://www.instagram.com/libraryiain/, facebook Perpustakaan IAIN Salatiga https://www.facebook.com/library.iain/ dan Youtube Perpustakaan IAIN Salatiga https://www.youtube.com/channel/UCvpCNW6FL8DA3dQISmwqY8g.

Perkembangan terlihat pada masa pandemi Covid19 berupa inovasiinovasi layanan diantaranya

  1. Layanan satu pintu https://linktr.ee/PerpusIAINSalatiga
  2. Katalog Online http://perpus.iainsalatiga.ac.id/index.php/katalog/
  3. Kontak Admin https://instabio.cc/AdminPerpus
  4. Syarat Bebas Wisuda http://perpus.iainsalatiga.ac.id/index.php/2021/06/10/ketentuanbebasperpustakaanuntukwisuda/
  5. Usulan Buku http://perpus.iainsalatiga.ac.id/index.php/2018/08/10/usulanbukubaru/
  6. User Education Online : http://perpus.iainsalatiga.ac.id/index.php/usereducation/
  7. Erepository (skripsi, tesis) : http://erepository.perpus.iainsalatiga.ac.id/
  8. Youtube Tutorial E-journal : https://www.youtube.com/channel/UCvpCNW6FL8DA3dQISmwqY8g
  9. Jurnal Perpustakaan : https://pustabiblia.iainsalatiga.ac.id/index.php/pustabiblia/
  10. Akreditasi Online Perpustakaan : link khusus intern
  11. Simulasi Akreditasi Sekolah (SD/SMP/SMA/Perguruan Tinggi) : http://perpus.iainsalatiga.ac.id/index.php/simulasiakreditasipt/

Dokumen laporan ini diharapkan dapat menjadi indikator kinerja Perpustakaan IAIN secara umum yang dapat digunakan sebagai sarana evaluasi diri bagi manajemen Perpustakaan IAIN dan serta sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada IAIN dan para pengunjung perpustakaan.Selain itu format dan isi laporan ini diharapkan menjadi panduan dalam membuat dan menyusun laporan
tahunan untuk tahuntahun berikutnya.

Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Salatiga berkedudukan sebagai Unit Pelaksana Teknis di bidang perpustakaan yang berada di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Rektor yang seharihari pembinaanya dilakukan oleh Pembantu Rektor I IAIN Salatiga. Perpustakaan bertugas memberikan pelayanan bahan rujukan dan informasi untuk keperluan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menyelenggarakan tugas tersebut perpustakaan mempunyai fungsi menyediakan dan mengolah bahan pustaka, memelihara bahan pustaka, melakukan pelayanan, dan melakukan tugas tata usaha perpustakaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *