VISITASI UPT PERPUSTAKAAN IAIN SALATIGA

Akreditasi Perpustakaan IAIN Salatiga Mendapat Akreditasi A, Tahun 2017

Pada hari Selasa, 22 Agustus 2017 Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga menerima visitasi dari tim asesor Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). Visitasi tersebut dilakukan dalam rangka akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi.

Akreditasi adalah proses jaminan mutu dikendalikan oleh standar, kebijakan dan prosedur (O’Brien, 2010). Proses akreditasi memerlukan asesmen mutu perpustakaan dan penguatan operasi pendidikan melalui pengembangan dan validasi standar. Ini merupakan pertama kalinya Perpustakaan IAIN Salatiga melaksanakan akreditasi Perpustakaan. Tim Asesor yang terdiri dari 3 orang yaitu Drs. Upriyadi, S.S., M.Hum., Dra. Nia Gusniawati, dan Dra. Indah Wuryani.

 

Tim Asesor tiba di IAIN Salatiga jam 11.30 WIB, didampingi oleh dua orang dari Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Setelah tiba di IAIN Salatiga, tim Asesor disambut oleh Warek 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dan Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan di ruang Rektor IAIN Salatiga. Setelah penyambutan, dimulai acara pembukaan yang dihadiri Warek, Kabiro, perwakilan dari jurusan, serta perwakilan dari mahasiswa.

Tim Asesor menilai dalam 9 standar penilaian, yaitu Layanan, Kerjasama, Koleksi, Pengorganisasian Bahan Pustaka, Sumber Daya Manusia, Gedung/ Ruang Sarana dan prasarana, Anggaran, Manajemen Perpustakaan, serta Perawatan Koleksi Perpustakaan. Meskipun Perpustakaan IAIN Salatiga masih terbagi dalam tiga kampus, namun unggul untuk aspek yang lain.

Setelah acara tanya jawab selesai, tim asesor meninjau, keliling Perpustakaan IAIN Salatiga di Kampus 1.  Acara diakhiri dengan ucapan terima kasih serta pemberian kenang-kenangan kepada tim asesor Perpustakaan Nasional dan juga staf Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Semoga dengan akreditasi ini Perpustakaan IAIN Salatiga semakin berkembang dan semakin bermanfaat khususnya bagi civitas IAIN Salatiga. Amin.

 

Salam Literasi
Kepala Perpustakaan IAIN Salatiga Wiji Suwarno, S.PdI, S.IPI.M.Hum.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *