USER EDUCATION 2017

Perpustakaan merupakan bagian yang sangat penting dalam mendukung kegiatan pendidikan, termasuk di tingkat Perguruan Tinggi. Perpustakaan perguruan tinggi merupakan sarana penunjang yang didirikan untuk mendukung Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni : pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Sebagai sarana penunjang tersebut, perpustakaan perguruan tinggi mempunyai fungsi edukasi, sumber informasi, penunjang riset, rekreasi, publikasi, deposit, dan interpretasi informasi. Perpustakaan menyediakan berbagai macam fasilitas yang tentunya mudah dijangkau oleh pengguna agar dapat mencapai fungsi-fungsi tersebut.

Akan tetapi, kemampuan pemustaka dalam memanfaatkan perpustakaan merupakan dasar yang amat penting dalam mencapai keberhasilan pencapaian visi dan misi perpustakaan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa banyak pemustaka di perguruan tinggi yang belum secara optimal dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut perpustakaan IAIN Salatiga berperan dalam  mengenalkan perpustakaan melalui pendidikan pemustaka  (user education) kepada pemustakanya. Sasaran utama pada user education kali ini adalah mahasiswa baru 2017/2018.

Kegiatan user education Perpustakaan yang dilaksanakan pada tanggal 14-18 Agustus 2017 ini bertujuan untuk mengenalkan sekaligus mempromosikan perpustakaan kepada mahasiswa. Tidak hanya mengenalkan perpustakaan saja, tetapi para pustakawan juga mengarahkan bagaimana memanfaatkan perpustakaan melalui paparan (presentasi) dan juga memberikan kesempatan praktik kepada mahasiswa IAIN Salatiga. Setelah mengikuti kegiatan user education diharapkan pemustaka dapat memanfaatkan koleksi, layanan dan fasilitas yang sudah ada. Tidak hanya itu saja, pemustaka juga akan mengetahui apa saja kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan sebagai pemustaka.

 

Salam Literasi
Kepala Perpustakaan IAIN Salatiga Wiji Suwarno, S.PdI, S.IPI.M.Hum.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *