Literasi Kitab dan Sosialisasi Koleksi E-Resource Perpustakaan IAIN Salatiga

Salatiga – Dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi untuk seluruh sivitas akademika IAIN Salatiga, pada tahun 2019, Perpustakaan IAIN Salatiga sebagai salah satu unit yang ikut menunjang terlaksananya kegiatan literasi melaksanakan kegiatan literasi kitab. Kegiatan literasi kitab dilaksanakan di UPT Perpustakaan IAIN Salatiga Kampus II. Kegiatan yang dilangsungkan selama bulan Oktober 2019 diisi dengan berbagai tema kegiatan, seperti pada hari Jum’at, 11 Oktober 2019 materi literasi kitab dilaksanakan dengan tema Video Editing FILMORA atau Pengoperasian Software Hadis Jawami’ul Kalim dan Pohon Sanad yang diisi oleh Dosen IAIN Salatiga yaitu Achmad Darojat. Kemudian pada penyelenggaraan kegiatan yang kedua diisi oleh Ibu Rina Susanti, M.A pada hari Kamis, 17 Oktober 2019 dengan materi pembahasan Kamus Al-Muhith. Judul kitab yang ketiga adalah Tafsir Al Kassyaf karya Imam Az Zamakhsyari yang disampaikan oleh Bapak Ulfi Putra Sany, M.Hum pada hari Jum’at, 18 Oktober 2019 dan Literasi kitab yang terakhir pada hari Senin, 28 Oktober 2019 membahas kitab Al-Minhah Al-Khairiyah fi Arba’ina Hadisan min Ahadisi Khairi Al-Bariyah yang disampaikan oleh Dr. Muhammad Rikza Muqtada, S.Th.I., M.Hum.
Seluruh sivitas akademika IAIN Salatiga cukup antusias dengan diselenggarakannya kegiatan literasi kitab ini, dan berharap kegiatan seperti ini akan diselenggarakan pada tahun-tahun berikutnya, ucap salah satu peserta kegiatan.

Selain kegiatan literasi kitab, UPT Perpustakaan IAIN Salatiga melaksanakan sosialisasi koleksi e-resource pada tanggal 22 s.d. 24 Oktober 2019. Penyampaian sosialisasi koleksi e-resources di perpustakaan kampus 1 oleh Bapak Itmamudin, S.S., M.IP dan Bapak Suryanto, M.A. Perpustakaan kampus 2 disampaikan oleh Ibu Ifonilla Yenianti, S.Pd.I., S.IPI dan Bapak Ulfi Putra Sani, Lc., M.Hum. Sedangkan Bapak Wiji Suwarno, S.Pd.I., S.IPI., M.Hum dan Bapak Supardi, S.Si., S.IPI menyampaikan sosialisasi koleksi e-resource di Perpustakaan IAIN Salatiga kampus 3.

E-Resources merupakan layanan perpustakaan digital yang melanggan berbagai bahan perpustakaan digital seperti jurnal, ebook dan karya-karya referensi online lainnya. E-Resources dapat dijadikan sumber rujukan untuk menyelesaikan skripsi, tesis, disertasi dan tugas-tugas karya ilmiah.  Layanan ini dapat diakses seluruh sivitas akademik IAIN Salatiga kapan saja dan dimana saja, melalui portal website http://perpustakaan.iainsalatiga.ac.id/ dikolom bagian kanan yang berjudul E-Resource. Adapun kelebihan dari penggunaan e-resource yaitu:

  1. Portabilitas, e-resource dapat didownload dan dibawa dengan mudah
  2. Mempermudah storage dan diseminasi karya
  3. Penyebarluasan akses ke sumber referensi elektronik internasional.

Author: admin_perpus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *